Home » , » Mengenal Pelengkap Perangkat Komputer

Mengenal Pelengkap Perangkat Komputer

Written By Fadhilah OKU on Selasa, 17 November 2015 | 19.16

Pada saat ini Komputer Menjadi Kebutuhan penting untu Kita, kapan saja dan dimana saja pasti kita menggunakannya,  arti Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Pada Artikel berikut ini menjelaskan Pelengkapan pada Perangkat Komputer antara lain :

A. Input Device
1.    Mouse
Fungsi Mouse adalah untuk perpindahan kursor secara cepat. Mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan kanan, serta dilengkapi pula dengan tombol penggulung ( Scroll ) letak tombol ini berada di tengah. Cara kerja mouse juga banyak antaranya yaitu istilah klik ( Click ) merupakan penekanan tombol kiri yang berfungsi bila mouse bareda pada objek yang ditunjuk. Sedangkan menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan digeser disebut dengan Drag. Ada pula penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut Double Click, serta klik kanan ( Right Click ) adalah menekan tombol kanan mouse satu kali.

2.    Keyboard
Keyboard Merupakan unit input yang [enting dalam suatu pengolahan data dalam computer. Keyboard sendiri berfungsi memasukkan huruf, angka, kerakter khusus serta untuk melakukan perintah lainnya. Keyboard sekarang memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, ps2, usb, dan wireless. Untuk keyboard yang sering kita gunakan adalah keyboard Qwerty yang bentuknya mirip pada mesin tik. Keyboard tersebut memiliki beberapa bagian yaitu, Typewriter key, Numeric  key, Function key, special function key.

3.    Scanner
Fungsi Scanner sebagai alat pengambil atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer selanjutnya akan disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.


4.    Mikropon atau Headphone
Mikropon atau Headphone verfungsi dapat merekam atau memasukkan suara yang disimpan dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara. Penggunaan alat ini juga memerlukan perangkat keras sperti sound card atau speaker untuk mendengarkan suara.

B.    Process Device
1.    Prosesor
CPU yang sebagai otak dari computer. Prosesor sendiri sebagai perhitungan yang kompleks memungkinkan bisa digunakan untuk menjelajahi internet bahkan menjalankan system operasi anda.

2.    RAM
Memori dan merupakan perangkat keras computer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

3.    Power Supplay
Digunakan pada peralatan CPU, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan pada computer
  
4.    Motherboard
Berfungsi sebagai papan sirkuit yang mengorganisir pada semua bagian CPU. Pada motherboard semua perangkat keras terhubung dengan alat ini.

C.    Output Device
1.    Monitor
Pengertian dari monitor sendiri merupakan suatu alat yang mengeluarkan signal elektronika berupa gambar yang akan tampak pada layar monitor. Ketajaman resolusi yang dimiliki monitor berbeda-beda tergantung dari merk dan ukuran monitornya. Sedangkan bentuk monitor sendiri sangat bervariasi dari yang besar dengan layar cembung samapi ada yang tipis dengan layar datar ( flat )

2.    Printer
Printer digunakan untuk menghasilkan cetakan data dari computer pada media kertas dan sejenisnya.

3. Speker
Speker adalah peyampaian data atau Informasi dari hasil pengolahan berupa suara yang dapat kita dengar seperti suara musik dll. 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Tukang Tutor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger